Selasa, 05 Mei 2020

MATERI HOME LEARNING KELAS 5 Tema 9 Subtema 1 PB 4


TEMA 9
Benda-benda di Sekitar Kita

SUBTEMA 1
Benda Tunggal dan Campuran


Ayo membaca!
Ketampakan alam disebut juga dengan istilah bentang alam. Indonesia memiliki bentang alam yang berbeda-beda di setiap daerah. Ada daerah dataran tinggi dan ada daerah dataran rendah. Ada penduduk yang tinggal di daerah pegunungan. Ada juga penduduk yang tinggal di daerah pantai. Ketampakan alam dibagi menjadi dua bagian, yaitu ketampakan alam wilayah daratan dan ketampakan wilayah perairan.

1.    Ketampakan daratan
 Ketampakan alam yang ada di daratan adalah dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung,   gunung, pegunungan, dan gunung.

2.    Ketampakan perairan
 Ketampakan alam yang ada di perairan adalah sungai, danau, selat dan laut

Adaptasi Masyarakat Terhadap
Ketampakan Alam Sekitar
Permukaan bumi tidak rata. Permukaan bumi ada yang tinggi dan ada yang rendah. Ketampakan alam adalah berbagai bentuk muka bumi yang terjadi secara alamiah. Ketampakan alam terdiri atas dua bagian pokok, yaitu ketampakan alam berupa perairan dan ketampakan alam yang berupa daratan.
Daratan adalah tempat kita berpijak. Bentuk ketampakan alam berupa daratan bermacam-macam, contohnya gunung, pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, pantai, tanjung, dan delta. Perairan merupakan bagian dari permukaan bumi yang tergenang air. Bentuk ketampakan alam perairan contohnya sungai, danau, dan laut.
Manusia melakukan adaptasi berbeda-beda antara satu dengan yang lain. Manusia hidup beradaptasi sesuai dengan alam dan ketampakan alam di lingkungan tempat tinggal. Adaptasi yang dilakukan meliputi jenis mata pencaharian utama, makanan, bentuk tempat tinggal, pakaian yang dikenakan, peralatan rumah tangga, dan teknologi. Semua kegiatan itu menyesuaikan tempat mereka tinggal. Kita dapat melihat hasil adaptasi masyarakat suatu daerah. Makanan dan barang-barang atau benda-benda khas dari daerah pegunungan berbeda dengan daerah pantai dan dataran rendah.
  
Ketampakan alam dapat dijaga kelestariannya salah satunya dengan melakukan penghijauan, simak komik di bawah ini: 

Ayo berlatih!
Perhatikan gambar berikut!
Kelompokkan gambar di atas pada tabel di bawah ini dan tuliskan ciri-cirinya! Kerjakan di BUKU LATIHANMU!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar