Selasa, 21 April 2020

Home Learning 1 Rabu, 22 April 2020


TEMA 9
Benda-benda di Sekitar Kita

SUBTEMA 1
Benda Tunggal dan Campuran


Ayo membaca!
Bacaan I
Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara Indonesia memiliki posisi geografis yang unik sekaligus menjadikan posisi yang strategis. Hal ini dapat dilihat dari letak Indonesia yang berada di antara dua samudra, yaitu Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga terletak di antara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Letak geografis ini sangat memengaruhi keberadaan wilayah Indonesia, baik dilihat dari keadaan fisik dan sosial atau ekonomi dan politik.

Letak kota atau tempat pada peta dinyatakan dengan garis bujur dan garis lintang. Jarak dua garis bujur berdekatan sebesar satu derajat (1°). Jarak dua garis lintang berdekatan sebesar satu derajat (1°). Garis bujur terbagi dua, yaitu bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis lintang juga terbagi dua, yaitu lintang utara (LU) dan lintang selatan (LS).
Garis bujur adalah  garis yang membujur dari kutub utara ke kutub selatan yang digunakan untuk menunjukkan pembagian daerah waktu. Sedangkan garis lintang adalah garis melintang yang melingkari permukaan bumi dan membagi bumi menjadi dua bagian, yaitu Utara dan Selatan.

Dari segi geografis, Negara Indonesia membentang antara 6°LU-11°LS dan 95°BT dan 141°BT, yaitu dari Sabang sampai Marauke.

Ayo berlatih!        
Salinlah peta berikut di buku Gambar atau di kertas HVS!
Perhatikan peta berikut ini!


Perhatikan peta yang telah kamu buat, kemudian warnailah dengan warna kuning kota-kota yang disebutkan berikut ini!
1. Semarang
         Kota Semarang terletak di 110° Bujur Timur (BT)  dan  7° Lintang Selatan (LS).
     2. Pati
    Kota Pati terletak di  111° BT dan 6° LS.
     3. Brebes
    Kota Brebes terletak di  109° BT dan 6° LS.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar